MADTSAMUDA DISERBU 100 PENDAFTAR DI HARI PERTAMA PPDB PPDB


mtsm2karangsem.sch.id – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2022/2023 MTs Muhammadiyah 2 (Madtsamuda) Pondok Pesantren Karangasem, Paciran, Lamongan, dibuka Sabtu (20/2/22) di Aula Pondok. PPDB Madtsamuda tahun ini rencananya hanya akan dibuka satu gelombang, yakni selama sau pekan ke depan dengan target 210 siswa.

Kepala Madtsamuda Millazul Faida MPd menjelaskan PPDB tahun ini akan lebih berfokus kepada kesungguhan niat peserta didik baru dalam menentukan Madtsamuda sebagai sekolah pilihan mereka. “PPDB tahun ini hanya kami buka satu gelombang, karena kami mencoba mengukur seberapa efektif metode pemasaran tim kami dalam menyambut PPDB tahun ini,” tegasnya.

Dia melanjutkan, “Kami juga ingin tahu seberapa tinggi kesungguhan pendaftar dalam menentukan Madtsamuda sebagai sekolah pilihan utama mereka.” Jadi, sambungnya, yang kami harapkan dari para pendaftar nantinya adalah mereka akan menganggap Madtsamuda sebagai sekolah tujuan utama. Bukan sekolah alternatif jika tidak lulus di sekolah yang lain.

Siti Azura, staf bagian pendaftaran, mengaku kaget dengan antusias masyarakat dalam mendaftarkan putra-putrinya di hari pertama PPDB dibuka. “PPDB hari ini berjalan sungguh luar biasa, hari pertama yang kami perkirakan berjalan biasa saja karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, ternyata di luar dugaan jumlah pendaftar mencapai 100 peserta didik baru, ini merupakan berkah yang luar biasa bagi kami,” ungkapnya.

Siti juga menjelaskan prosedur ketat yang harus tetap ditaati oleh semua pendaftar. “Meskipun jumlah pendaftar di hari pertama cukup banyak, namun kami tetap menghimbau untuk para pendaftar agar tetap patuh pada protokol kesahatan dengan memakai masker saat di ruang pendaftaran. Dan juga tidak lupa mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer,” ujarnya.

Waka Kesiswaan Madtsamuda Azhar Agus Salim SPdI menjelaskan, PPDB Madtsamuda tahun ini dipersiapkan dengan berbagai macam strategi untuk menarik minat peserta didik baru. Salah satunya adalah dengan strategi “1 siswa untuk 1 siswa baru”. “Ini tampaknya adalah setrategi yang paling efektif yang bisa kami terapkan untuk menyambut PPDB tahun ini. Dengan mengimbau setiap siswa untuk membantu mendapatkan satu siswa baru, kami rasa tidak akan sulit untuk memenuhi target PPDB tahun ini yang berada diangka 210 siswa,” terangnya.

Apalagi, sambung dia, dengan jumlah peserta didik Madtsamuda yang mencapai 560 siswa, bukan tidak mungkin jika 50 persen saja siswa kami yang mendapatkan siswa baru maka kuota pendaftaran tahun ini akan ditutup lebih awal.

Agus menjelaskan, Madtsamuda yang tahun ini membuka empat jurusan kelas (kelas reguler, kelas IT, kelas ICP, dan kelas olahraga), berharap besar kepada kuantitas dan kualitas input peserta didik baru yang mendaftar. “Jika tidak dibarengi dengan kerja keras dan kerja cerdas maka itu semua akan menjadi sia-sia. Oleh sebab itu saya mengajak semua stakeholder pendidikan di madtsamuda agar selalu kompak dan saling bersinergi, serta tidak melupakan do’a untuk kemajuan Madtsamuda,” ujarnya. (*)

Liputan: Nahlul Khasyiid.


Tinggalkan Komentar