MADTSAMUDA KARANGASEM GONDOL LIMA JUARA O2SM, INI RAHASIANYA


mtsm2karangasem.sch.id – Para atlet MTs Muhammadiyah 2 (Madtsamuda) Pondok Pesantren Karangasem, Paciran, Lamongan merahi lima medali di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Muhammadiyah (O2SM) 2022. Kegiatan digelar tiga tempat: Stadion Surajaya, Pondok Pesantren Al-Mizan dan Universitas Muhammadiyah Lamongan (Umla), Kamis (27/1/2022).

Lima atlet tersebut adalah: M. Syifa’ul Awal (juara I pencak silat Tapak Suci kelas E); Muhammad Agung (juara II lompat jauh); Az Ziddan Faktkhurrizqi (juara II Catur classic putra); Naila Rohamah (juara III lari 1500 m putri; Haifiyani Hamdinie (juara III lari 800 m putri).

AH Sholihin, pelatih atletik Madtsamuda, membeberakan tiga rahasia atlet-atletnya meriah prestasi di ajang ini. Pertama pemilihan atlet yang berkompeten di bidangnya degan seleksi dan pemantauan. “Kami memilih atlet dengan sangat teliti, mulai dari pencatatan kemampuan peserta didik saat pelajaran olahraga, sampai pada tahap seleksi dengan mengadakan lomba antarpeserta didik Madtsamuda,” jelasnya.

Kedua dengan melakukan latihan yang intens dalam satu pekan menjelang turnamen. “Selain latihan rutin satu pekan tiga kali, kami juga menambah porsi latihan para atlet pada satu pekan menjelang turnamen dimulai. Bahkan anak-anak kami izinkan untuk tidak mengikuti pembelajaran di kelas agar fokus latihan dan menata mental serta stamina mereka,” ujarnya.

Ketiga, membiasakan agar tidak meninggalkan rutinitas shalat Dhuha pagi. “Pembiasaan shalat dhuha pagi secara bersama sudah menjadi tradisi di lingkungan para peserta didik Madtsamuda sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung,” ungkapnya.

Kami, lanjutnya, selaku penanggung jawab bidang olahraga selalu mengigatkan anak-anak, jika usaha saja tidak akan maksimal tanpa ada pendekatan yang lebih kepada Sang Pencipta. “Maka dari itu kami menekankan agar para atlet yang akan berangkat O2SM jangan sekali-kali meninggalkan rutinitas shalat dhuha bersama” sambungnya.

Ditemui di tempat berbeda M. Syifa’ul Awal, sang juara I pencak silat mengungkapkan rasa syukurnya. “Saya mewakili atlet-atlet yang menyumbang medali untuk Madtsamuda sangat bersyukur atas prestasi kali ini,” ujarnya.

“Ini adalah buah dari ikhtiar kami beserta pelatih, serta support yang luar biasa dari keluarga besar Madtsamuda kepada kami,” jelas atlet yang akan mewakili Madtsamuda di turnamen pencak silat di Banyuwangi bulan depan. (*)

Penulis: Azhar Agus Salim


Tinggalkan Komentar